Selamat Datang di blog KUA Kecamatan Purwokerto Timur, Dalam rangka meningkatkan pelayanan prima, KUA Purwokerto Timur menerapkan pelayanan berbasis IT

Selasa, 24 November 2015

Seleksi PAI Non PNS Kecamatan Pureokerto Timur

Purwokerto, Senin 23 November 2015 - Kepala KUA Kecamatan Purwokerto Timur meyelenggarakan acara Seleksi Penyuluh Agama Islam Non PNS di Lingkungan di lingkungan Kecamatan Purwokerto Timur .

Acara seleksi ini berjalan sukses dan cukup lancar diikuti sekitar 9 orang peserta yang sebelumnya telah lolos seleksi administrasi. Sesuai Kuota dari 9 peserta hanya akan diambil 7 orang yang akan di usulkan ke Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumasan  untuk dibuatkan SK PAI Non PNS tahun 2016. Adapun kategori yang diujikan meliputi : Baca tulis Al-Qur’an termasuk pendalaman sejauhmana pemahaman para peserta terhadap Al-Qur’an, selanjutnya materi tentang Ahkamus Syar’iyah (Hukum-hukum yang berkenaan dengan persoalan syariah/fiqh), serta materi ujian tentang Kepenyuluhan yakni berkaitan dengan skill dan kompotensi para peserta ujian berkenaan dengan bimbingan, kemampuan ceramah / dakwah dan memberi penyuluhan kepada masyarakat.

Kepala KUA Purwokerto Timur Radimin, S.Ag. pada kesempatan itu mengharapkan kiranya para Penyuluh Agama Islam yang ada di Purwokerto Timur semaksimal mungkin bisa membuat dan membina paling tidak 2 binaan untuk satu orang penyuluh baik berupa majlis taklim maupun TPQ. Disamping itu penyuluh juga dituntut untuk senangtiasa bisa melakukan bimbingan dan pembinaan keagamaan, baik itu ceramah dan dakwah di masjid-masjid maupun aktif mengisi siraman rohani dan kajian di majelis-majelis taklim.

Beliau juga berharap kiranya para penyuluh juga aktif mensosialisasikan PP No. 48 Tahun 2012 tentang persoalan nikah, termasuk aktif menyampaikan kepada khalayak tentang tidak adanya biaya nikah bagi pernikahan yang dilaksanakan di Kantor KUA Kecamatan Purwokerto Timur.

Sosok Penyuluh Agama hendaknya juga menjadi suri tauladan atau kalau bisa termasuk sebagai tokoh yang berperan aktif di masyarakat sehingga penyampaian pembinaan akan lebih mudah dan mendapat dukungan dari lingkung masyarakat. (-swt-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer